LATEST NEWS

Profil Kami

LAPAS WANITA KLAS IIA MALANG

Sejarah singkat Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang

Sebelum tahun 1969, Lapas Perempuan Klas IIA Malang masih bernama Lapas Malang II. Secara administratif masih menjadi satu dengan induknya yaitu daerah Pemasyarakatan Malang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI NO.DDP4.1/5/4 tanggal 31 Maret 1969, memutuskan:

  1. Memisahkan Lapas Malang II dari induknya yaitu daerah Pemasyarakatan Malang
  2. Menetapkan Lapas Malang II menjadi Lapas Khusus Wanita Malang terhitung mulai tanggal 1 April 1969.

Lapas Khusus Wanita Malang pada awalnya berada di tengah Kota Malang, tepatnya di Jalan Merdeka Timur Alun-alun Malang. Dengan ciri khas bangunan peninggalan kolonial Belanda. Lapas Khusus Wanita Malang berubah nama menjadi Lapas Wanita Klas IIA Malang. Dan menempati gedung baru yang diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman RI Bapak Charis Subianto,SH pada tanggal 16 Maret 1987. Berlokasi di Jalan Raya Kebonsari, Sukun - Malang. Jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota Malang. Pada Januari 2017, namanya kembali diubah menjadi Lapas Perempuan Klas IIA Malang. 

Berdiri di atas tanah seluas 13.780 meter persegi dan luas bangunan 4102 meter persegi, Idealnya hanya dihuni oleh 164 warga binaan pemasyarakatan (WBP). Namun, pada September 2018, penghuni lapas berjumlah 618 orang, dengan 6 orang bayi. Overkapasitasnya hampir menyentuh angka 300 persen.

Saat ini petugas lapas berjumlah 93 orang yang terdiri atas 49 petugas Kesatuan Pengamanan Lapas, 16 petugas Tata Usaha, 5 petugas Keamanan dan Ketertiban, 18 petugas Pembinaan dan Pendidikan, dan 4 petugas Kegiatan Kerja.

Lembaga pemasyarakatan Perempuan Malang terdiri dari lima blok, yaitu :

  1. Blok I : anak dan ibu menyusui

Blok ini dihuni oleh semua WBP yang memiliki anak atau sedang menyusui, serta rehabilitasi.

  1. Blok II : Khusus WBP Kasus Narkotika

Sebagian besar penghuni Lapas Perempuan Kelas II Malang tersandung kasus narkotika. Sehingga pada blok ini tidak cukup untuk menampung WBP narkotika saja. Ada sebagian WBP yang ditempatkan di blok yang lain.

  1. Blok III : hukuman satu tahun ke atas

Pada blok ini juga dihuni oleh Warga Binaan Pemasyarakatan dengan kasus narkoba.

  1. Blok IV : kasus-kasus bukan narkoba

Pada blok ini ada bermacam-macam kasus diantaranya kasus pencurian, penggelapan, trafficking, dan lain sebagainya. lama masa hukuman napi di blok ini juga bermacam-macam, ada yang di bawah satu tahun dan ada yang di atas satu tahun.

  1. Blok V : tahanan dan penghuni baru

Pada blok ini hanya dihuni khusus tahanan dan penghuni baru.

Pada setiap blok ada tiga sel pengasingan kesuali blok I. Sel pengasingan ini digunakan pada narapidana atau tahanan yang mengalami hukuman atau bagi narapidana dan tahanan PSK.

Lapas Perempuan Kelas IIA    Malang            memiliki visi, misi, kebijakan mutu serta peran dan fungsi lembaga sebagai berikut :

  1. Visi

Pulihnya kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan warga binaan pemasyarakatan sebagai individu, anggota masyarakat dan mahluk Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Misi

melaksanakan perawatan tahanan, pembinaan dan pembimbingan warga binaan pemasyarakatan serta pengelola benda sitaan Negara dalam kerangka penegakan hukum, pencegahan dan penanggulangan kajahatan serta pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia.

  1. Kebijakan mutu

Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIA Malang berkomitmen untuk memenuhi kepuasan pengguna layanan melalui pembangunan manusia mandiri, serta peningkatan di segala bidang yang dilakukan secara berkesinambungan.

  1. Peran dan fungsi lembaga

Peran dan fungsi lembaga ini adalah untuk pembinaan para tahanan dan narapidana agar dapat kembali ke masyarakat dengan lebih baik, mempunyai bekal di masyarakat dan lebih mempunyai arti.

Sarana dan Prasarana serta Kegiatan Pembinaan

Beberapa kegiatan yang kami lakukan diantaranya:

Pembinaan Pendidikan dilakukan melalui program kejar paket A, B, dan C, pembinaan kesadaran hukum dan perpustakaan. Ditunjang dengan fasilitas berupa ruang pendidikan dan ruang perpustakaan lengkap dengan buku bacaannya.

Pembinaan mental dan spiritual melalui pembinaan agama baik secara umum seperti ibadah rutin, pesantren maupun konseling. Ada dua tempat ibadah yang disediakan yaitu musholla dan gereja.

Olahraga rutin diadakan setiap hari memanfaatkan fasilitas yang ada seperti lapangan volly, lapangan bulutangkis, lapangan senam, tenis meja dan karambol.

Di bidang kesenian, adanya fasilitas gamelan, orgen, seni tari dan kulintang digunakan untuk menunjang pembinaan seni karawitan, seni tari, kulintang, latihan orgen tunggal.

Kesehatan WBP juga menjadi salah satu perhatian kami. Pelayanan kesehatan meliputi : konsultasi kesehatan,pemeriksaankesehatan,tes laboratorium, pengobatan, rawat inap,pemeriksaan gigi dan konsultasi psikologi secara insidentil. Dapat diakses dengan mudah oleh WBP di ruang poliklinik dilengkapi dengan sarana perawatan gigi, dokter umum, dokter gigi paruh waktu, perawat. Semuanya diberikan secara gratis kepada WBP.

Sementara itu, pelayanan makan dilaksanakan sehari 3 kali dengan sistem packing, dan makan bergantian tiap blok masing-masing bergiliran, makan bersama di ruang makan dan minuman tersedia di masing-msing blok.

Fasilitas pembinaan kemandirian meliputi pembuatan kecap, merajut, menjahit, bordir, payet, pembuatan roti dan salon kecantikan.

Fasilitas lain-lain yang disediakan berupa Ruang kunjungan, Wartel dan Koperasi.

Kami juga menggelar family gathering Khusus Ibu dan Anak setiap hari Minggu di Minggu ketiga setiap bulannya. Di hari tersebut, WBP bebas bercengkerama dengan keluarganya. Dan menikmati menu makanan yang lebih bervariasi.

Info Kontak

Lapass Perempuan Kelas IIA Malang

Jl. Kebonsari, Kebonsari, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65149

Telepon: (0341) 801505